Belum tau cara memakai Sumpit? Ada etikanya juga ternyata lho

RADAR TV – Rasanya alat makan yang satu ini sudah nggak perlu lagi dikenalin deh. Iya, sumpit sudah jadi salah satu alat makan paling populer. Ya memang, nggak akan sepopuler sendok dan garpu. Ini dia cara memakainya sumpit.

Kalian, mungkin sudah tahu cara memakai sumpit secara umum. Tapi, kalian tahu nggak. Ternyata, memakai sumpit ada etikanya juga lho.

Sumpit adalah alat makan khas orang Asia timur. Jepang, China, Tiongkok, Korea dan lain sebagainya. Kalian pasti sudah tahu lah ya negara itu. Di sana, penggunaan sumpit sudah umum. Ya, namanya juga negeri asalnya.

Nah, di Indonesia, sumpit menjadi semacam alat alternatif setelah sendok dan garpu. Hanya sebagian makanan di Indonesia yang cocok dengan alat makan ini. 

Baca Juga: Ide Resep Masakan Korea yang Bisa Kamu Coba Dirumah!

Bahkan, seringnya tetap makanan-makanan Asia Timur yang dimakan memakai sumpit di Indonesia. Mungkin, buat kalian yang penggemar japan pop culture seperti manga, anime dan lain lain pasti akrab banget kan sama sumpit.

Buat kalian yang k-popers juga pasti udah nggak aneh lihat ini. Soalnya, Korea juga salah satu negara yang memakai sumpit sehari-harinya.

Nah, kalian tahu belum, ternyata memakai sumpit ada etikanya juga. Nih simak tulisannya sampai habis ya.

Cara Memakai Sumpit yang Beretika

Ternyata, memakai sumpit ada etikanya juga. Pasalnya, ada hal-hal yang dianggap tabu di Asia Timur sana.

Baca Juga: SURGA WISATA KULINER GARUT DI SOR KERKOF

Beberapa hal ini perlu kalian perhatikan ya, gengs! Siapa tahu kalian punya rezeki dan berangkat traveling ke sana. Biar nggak jadi perkara nanti kalau makan bareng orang sana.

1.Jangan memegang atau memakai sumpit hingga bentuknya menyerupai huruf X. Sebenarnya, ini ngga ada kaitannya sama moral orang sana. Melainkan, kalau kalian melakukan ini, akan menyulitkan diri kalian sendiri.

2.Selanjutnya, hal tabu bagi masyarakat Asia Timur, Jepang Khususnya. Adalah menancapkan sumpit secara tegak lurus di atas nasi. Jika kalian melakukan hal ini di Jepang, orang sana bisa langsung berteriak.

3.Lalu, jangan sampai kalian memperlakukan sumpit seperti stik drum, ya! Kayak memukulkannya ke alat makan lain seperti gelas, piring, mangkuk dan lain sebagainya. Di sana, perlakuan gini dianggap kurang sopan.

Baca Juga: Resep Makanan Pedas Hits yang Bikin Nagih, Seblak Kuah Kental Pedas!

4.Di Indonesia, mungkin udah biasa banget buat nusukin sumpit ke makanan. Kurang lebih alih fungsi jadi kayak garpu lah, ya. Tapi di sana hal ini nggak biasa lho. Jadi, usahakan kalian hindari, ya!

Sebenarnya, masih banyak lagi cara memakai sumpit yang lengkap dengan etikanya, tapi beberapa poin di atas itu yang paling penting ya, gengs!

Semoga bisa membantu dan bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *