5 Cara Mencegah Penculikan Anak, Orang Tua Wajib Tahu

RADAR TASIKMALAYA TV – Beredar isu penculikan anak di berbagai daerah membuat para orang tua resah, apalagi ketika mengetahui beberapa kabar upaya penculikan yang tersebar di media masa hingga media sosial.

Sebagai orang tua si kecil, kita perlu memberinya bekal menjaga diri agar terhindar dari penculikan anak. Seperti menyuruh anak langsung bergegas pulang ketika sekolah telah usai.

Mencegah penculikan anak sangat diperlukan pada saat ini, untuk itu tim radartasikmalaya.tv telah merangkum 5 cara mencegah penculikan anak yang dilansir dari alodokter.

BACA JUGA: Siswa SD Di Ciamis Nyaris Diculik Saat Sekolah, Korban Kini Trauma Tak Mau Sekolah

1. Menolak pemberian dan ajakan orang asing

Memberitahui anak untuk menolak pemberian dari orang asing seperti, permen ataupun hadiah. Selain itu, ajari juga unutk menolak ajakan dari orang asing meskipun ajakannya menyenangkan.

2. Memberi tahu orang tua saat keluar rumah

Selain menolak pemberian dan ajakan orang asing, hal penting juga mengajarkan anak untuk membiasakan meminta izin kepada orang tua sebelum berpergian. Dan beritahui juga ia akan pergi kemana, bersama siapa.

3. Menjelaskan kerawanan penculikan anak

Untuk mengantisipasi penculikan anak, alangkah baiknya memberitahui anak akan maraknya kasus tersebut. Hal itu akan membuatnya memahami kemungkinan adanya orang asing yang berniat buruk padanya.

4. Lapor orang tua jika ada yang dicurigai

Beritahui anak agar melapor pada orang tua jika melihat atau merasakan gerak-gerik orang asing yang mencurigakan. Apalagi prilaku orang asing tersebut membuat anak tidak nyaman.

5. Latih anak untuk melarikan diri jika terancam

Orang tua bisa mengajari anak untuk melarikan diri dan berteriak jika seseorang mengikuti mereka atau mencoba memaksa mereka masuk ke dalam mobil. Ajari juga anak kita untuk mau tegas dalam berkata tidak jika orang lain menyentuh tubuhnya dan membuat ia merasa tidak nyaman.

Itulah beberapa cara mencegah penculikan pada anak yang dapat dilakukan orang tua kepada anaknya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *