Makanan Khas Kota Semarang Yang Bikin Keatagihan, Yuk Cobain!

RadarTvKota Semarang merupakan salah satu kota yang terletak di Pulau Jawa dan merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan bangunan bersejarah, yaitu bangunan-bangunan peninggalan Kolonial Belanda seperti Lawang Sewu dan Gereja Blenduk.

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang sangat terkenal di Semarang j Jawa Tengah. Kata “Lawang Sewu” memiliki arti seribu pintu, yaitu sesuai dengan jumlah pintu dan jendela yang ada di bangunan tersebut. Bangunan ini di bangun sebagai kantor pusat perusahaan kereta api Belanda pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Seiring berjalannya waktu, kini Lawang Sewu telah di ubah menjadi sebuah museum dan objek wisata.

Selain itu Semarang juga terkenal dengan berbagai kulinernya yang khas dengan rasanya yang enak dan lezat. Kuliner kota ini memiliki rasa yang khas sehingga menarik banyak wisatawan kuliner untuk berkunjung dan menikmatinya.

Ada Makanan Apa Saja Di Semarang?

Indonesia yang terkenal dengan keberagaman kulinernya menjadikan Indonesia sebagai tempat wisata mancanegara. Tak terkecuali Kota Semarang ini, pengunjung akan di buat ketagihan setelah mencicipi makanan khas Semarang karena memiliki cita rasa yang lezat dan mudah di terima oleh lidah banyak orang.

BACA JUGA:Resep Soto Lamongan Sedap Tanpa Takut Gagal

Berikut ini beberapa makanan khas Semarang yang wajib kamu coba.

1. Nasi Gandul

Nasi Gandul terkenal karena cita rasanya yang khas dan unik. Makanan ini terbuat dari nasi yang di masak dengan bumbu khusus yaitu rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, serai daun salam dan santan kelapa. Makanan ini biasanya di sajikan dengan berbagai lauk pauk seperti empal, daging sapi, dan ayam suwir. Sebagai pelengkap biasanya juga di tambahkan pindang, tahu, telur, tempe dan sambal.

Karena rasanya yang lezat, gurih dan aromatik, membuat makanan khas ini menjadi hidangan yang banyak di sukai orang. Lebih enak di makan ketika masih hangat saat makan siang atau makan malam. Di namakan Nasi Gandul karena proses memasaknya menggunakan teknik penggandulan yaitu di masak dengan jumlah air yang lebih banyak dari biasanya.

2. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah salah satu makanan khas Semarang yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari kulit pangsit yang renyah dan tipis, diisi dengan campuran sayuran seperti tauge, bambu muda, wortel. kol dan udang atau potongan daging ayam. Bahan tersebut dibungkus dengan kulit pangsit hingga kering dan berwarna kecoklatan.

BACA JUGA:Resep Soto Lamongan Kuah Bening Siap Temani Masakanmu Hari Ini

Makanan ini mempunyai ciri khas saus kacangnya. Saus kacang yang terbuat dari kacang tanah halus yang dicampur dengan gula, bawang putih, air asam jawa dan air secukupnya. Saus ini memiliki rasa yang gurih, manis dan sedikit asam yang melengkapi rasa dari isian lumpia. Lumpia Semarang ini, biasanya dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Kota Semarang.

3. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal merupakan makanan yang terbuat dari tahu goreng, potongan kol, potongan udang rebus, tauge goreng dan saus kacang yang khas. Semua bahan biasanya disajikan dalam satu piring dan dilengkapi dengan kerupuk. Makanan ini dapat di temukan dengan mudah di warung makan atau pedagang kaki lima.

4. Soto Semarang

Soto ini memiliki ciri khas kuah kental dan rasanya yang gurih, bumbu rempah yang melimpah dan cita rasa yang khas. Bahan utama yang digunakan dalam makanan ini adalah daging ayam atau daging sapi rebus yang diolah dengan bawang putih, lengkuas, kunyit, jahe dan serai. Sebagai pelengkap, soto ini juga di tambahkan irisan kol, tauge, perkedel kentang dan bawang goreng.

Soto Semarang ini memiliki ciri khas penggunaan kerupuk udang atau kerupuk mie sebagai tambahan di atas soto. Selain itu, terdapat banyak pilihan sambal yang bisa kita pilih seperti sambal petis, sambal terasi dan sambal kecap. Makanan ini biasa di hidangkan sebagai makanan utama saat sarapan atau makan siang.

BACA JUGA:Mie Ayam Enak Gurih Berikut cara Membuatnya

5.Wingko Babat

Wingko babat ini adalah makanan yang terbuat dari parutan kelapa yang di campur dengan gula kelapa dan ketan sebagai bahan utamanya. Makanan ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang gurih, warna kecoklatan di bagian luar dan memiliki aroma kelapa yang manis dan khas. Biasanya dijadikan oleh-oleh khas Semarang di sajikan sebagai camilan yang cocok di nikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Itulah beberapa makanan khas Semarang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Ibu Kota Jawa Tengah tersebut. Selamat mencoba.(****)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *