Sebelum Terjerumus, Pahami Risiko Pinjaman Online!


RADAR TV – Pinjaman online adalah sebuah primadona di saat kesulitan finasnsial melanda. Terlebih, di masa-masa sulit dalam perekonomian. Mau tidak mau, banyak orang membutuhkan dana darurat untuk menutupi kebutuhan pribadinya.

Tidak sedikit orang yang pilihannya jatuh pada pinjaman online. Namun, sialnya, banyak sekali di antara mereka yang terjebak dalam siklus pinjaman online dan berakhir dengan kesengsaraan.

Hal demikian disebabkan oleh sang peminjam tidak memahami risiko dan ketentuan dalam pinjaman online.

Risiko-risiko Pinjaman Online

Berikut ini adalah beberapa risiko yang perlu dipahami sebelum mengajukan pinjaman online:

BACA JUGA: Asuransi Perjalanan Bagi Kamu yang Hobi Jalan-Jalan

Bunga Pinjaman yang Tinggi

Risiko pertama yang perlu diwaspadai dari adalah bunga yang tinggi. Pinjaman online—atau sering disebut pinjol—sering kali menawarkan bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman tradisional. Ini sangat berpotensi menjadi masalah yang tidak kecil. Terlebih jika keterlambatan pembayaran terjadi. Peminjam akan sangat kelabakan dan sulit untuk membayarnya jika tidak diperhitungkan secara cermat. Akhirnya, gali lubang tutup lubang dan terjadi. Hasilnya, mudah ditebak, dia akan terjebak.

Terdapat sebuah trik untuk menghindari risiko ini. Yaitu, memilih pinjaman dengan bunga yang lebih rendah atau menentukan prioritas untuk membayar pinjaman lebih cepat.

Overlending atau Terlalu Banyak Mengajukan Pinjaman

Selanjutnya, hal yang perlu pembaca hindari adalah overlending atau terlalu banyak meminjam. Hal demikian dapat berpengaruh pada kredit skor peminjam. Tentu, dengan terlalu banyak pinjaman. Kredit skor akan menurun. Akibatnya, suatu saat nanti, anda tidak akan dapat lagi mengajukan pinjaman. Bagaimana pun. Bijaksana saat meminjam adalah kunci.

Salah satu upaya yang dapat pembaca lakukan untuk menghindari risiko ini adalah dengan meminjam secukupnya dan tidak berlebihan. Dalam artian, jangan pernah meminjam untuk hal yang tidak pembaca butuhkan.

BACA JUGA: Yuk Kenali Pengertian, Jenis dan Manfaat Asuransi

Tidak Memahami Syarat dan Ketentuan

Risiko yang tidak kalah penting ketika melakukan pi

njaman online bertautan erat dengan syarat dan ketentuan. Sudah menjadi sebuah keharusan untuk memahami dengan teliti syarat dan ketentuan yang berlaku ketika melakukan pinjaman. Hal demikian tersebab segala hal yang berkaitan dengan aturan selama jangka waktu peminjaman ada dalam seperangkat aturan ini. Salah-salah, peminjam dapat celaka di kemudian hari jika tidak melakukan hal ini.

Itulah tadi beberapa risiko yang harus kalian perhatikan ketika kalian akan meminjam. Menjadi penting untuk selalu memerhatikan segala risiko yang akan hadir di masa mendatang. Termasuk dalam hal pinjaman online. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *