Resep Cara Membuat Mie Ayam Rumahan Ini, Cocok Buat Keluarga!

RadarTv – Halo pecinta kuliner! Kamu lagi pengen makan apa nih? Pengen makan yang kuah gurih tapi pedas? Wah, gimana kalau mie ayam? cocok banget kan. Lebih cocok lagi, kalau kamu buat sendiri di rumah. Kamu, bisa buat mie ayam sesuai selera lidah kamu. Nih, nanti penulis kasih tahu deh gimana resep dan cara membuat mie ayam rumahan sesuai selera lidah kamu.

Sebelum mengulas resep dan cara pembuatan mie ayam rumahan, penulis akan mengulas terlebih dahulu sejarah mie ayam supaya kamu tambah cinta sama makanan ini.

Dari Mana Mie Ayam Berasal?

Mie ayam itu, adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Siapa sih yang gak tahu mie ayam. Makanan ini berasal dari Tiongkok dan masuk ke Nusantara melalui perdagangan antara kedua negara tepat pada abad ke-19. Biasanya, mie ayam Tiongkok disajikan dengan kuah bening, daun bawang dan sayuran seperti sawi.

BACA JUGA: Resep Nasi Goreng Homemade yang Lezat sehat dan menggugah selera

Namun, ada juga yang mengatakan kalau mie ayam ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Konon katanya, ada seorang warga lokal yang bernama Haji Mamat membuat mie ayam pertama kali pada tahun 1945. Sama dengan tahun kemerdekaan dong ya? Iya, jadi mie ayam itu merdeka sampai sekarang, banyak digemari masyarakat Indonesia. Pada saat itu, Haji Mamat menggabungkan mie kuning dengan irisan daging ayam, pangsit dan kuah kaldu.

Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa mie ayam ini berasal dari Jawa Tengah. Pada saat itu, para pedagang membawa mie ayam kuning dan bahan-bahan lainnya. Para pembeli kemudian meminta agar mie kuning tersebut disajikan dengan kuah kaldu dan irisan daging ayam.

BACA JUGA:Ide Resep Makanan Korea

Meskipun asal usulnya banyak pendapat, namun mie ayam sudah sangat populer sampai sekarang. Setiap daerah, mempunyai mie ayam dengan versinya masing-masing, sehingga mie ayam semakin bervariasi dan penasaran untuk dicicipi.

BACA JUGA: Ini Dia Resep Soto Lamongan Asli

Resep dan Cara Membuat Mie Ayam Rumahan

Nah guys, sudah pahamkan bagaimana sejarah awal mulanya mie ayam. Oke deh, sekarang penulis akan mengulas resep dan cara membuat mie ayam rumahan yang bisa kamu sajikan bersama dengan keluarga di rumah.

Bahan-Bahan Utama:

  • 20 gram daging ayam (potong dadu kecil)
  • 200 gram mie telur kering
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 batang daun bawang (iris halus)
  • Sawi hijau (rebus)
  • Daun seledri (iris halus)
  • Bawang goreng secukupnya
  • Cabe rawit bubuk (sesuai selera)
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Siapkan wajan yang sudah di isi air secukupnya, panaskan kemudian masukan mie telur kering rebus hingga matang, tiriskan lalu siram dengan air dingin, sisihkan.
2. Tumis bawang putih hingga harum dengan minyak secukupnya, kemudian masukan daging ayam dan tumis hingga kecoklatan.
3.  Tambahkan saus tiram, minyak wijen, kecap manis, garam dan merica bubuk. Kemudian aduk rata dan masak hingga matang.
4. Tambahkan air secukupnya hingga mendidih.
5. Tambahkan daun bawang dan masak hingga layu.
6. Siapkan mangkuk, sajikan mie, tambahkan kuah ayam dan taburi dengan pelengkap seperti seledri, sawi hijau dan bawang goreng.
7. Tambahkan cabe rawit bubuk (sesuai selera jika ingin pedas).

Mie ayam rumahan siap disajikan dan siap di nikmati bersama dengan keluarga. Selamat mencoba. (****)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *