Cegah Penularan Penyakit Dari Hewan Kepada Manusia, Disnakkan Ciamis Lakukan Ini……

RADAR TV, KAB. CIAMIS – Kegiatan pengobatan dan vaksinasi hewan yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan Dan Perikanan (DISNAKKAN) Kabupaten Ciamis ini langsung diserbu para pemilik kucing, Rabu 22 Februari 2023.

Lebih dari seratus ekor kucing divaksinasi rabies, sekaligus mendapatkan pelayanan kesehatan terutama pengobatan penyakit scabies.

Kegiatan vaksinasi dan pengobatan gratis ini merupakan program Disnakkan Kabupaten Ciamis.

Kegiatan ini digelar dalam upaya mencegah penularan penyakit dari hewan kepada manusia atau Zoonosis, terutama penyakit rabies yang ditularkan oleh anjing, kucing dan kera.

Seperti disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Ikan, Kesmavet dan P2HP Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Asri Kurnia, menurutnya hingga saat ini Ciamis masih dalam kategori zero rabies.

Namun pihaknya meminta masyarakat harus tetap mewaspadai risiko penularan dari daerah lain.

“Kerjasama untuk memberikan pelayanan. Menurut informasi sudah ada 60 pemilik hewan yang datang kesini dan masing-masing pemilik bervairasi, ada yang membawa tiga, ada yang empat, ada yang satu. Mungkin jumlahnya lebih dari serratus”, kata Asri.

Selain menggelar vaksinasi dan pengobatan hewan, Disnakkan Kabupaten Ciamis juga membuka klinik kesehatan hewan yang akan memberikan pelayanan secara gratis kepada masyarakat.

Sementara itu para pemilik kucing yang mengikuti kegiatan pengobatan dan vaksinasi hewan gratis ini, mengaku sangat terbantu karena dapat mengobati hewan peliharaannya tanpa harus mengeluarkan uang.

“Kegiatan ini sangat membantu karena kucing kan banyak yang berpenyakit seperti scabies, jamur penyakit di kuping dan hidung” kata Yuli saat mengikuti kegiatan tersebut.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *